Service Filter Air Jakarta 081310944049

Beranda » Media Filter Air

Media Filter Air

Untuk mendukung proses filtrasi agar air baku menjadi air bersih layak konsumsi dan menyehatkan,diperlukan yang nama nya media filter air.

Media filter air adalah bahan yang berfungsi sebagai media penyaring air. Teknologi bahan penyaring terus mengalami peningkatan agar kita mendapatkan air yang bersih dan sehat.

Media filter air yang paling sedehana dan paling banyak dijumpai adalah pasir sungai. Pasir sungai yang memiliki dimensi tertentu/ dimensi kecil mampu menyaring lumpur yang ada pada air. Namun tidak mampu menyerap kadar mangan maupun besi/ ferrum serta sulfida dan unsur lain yang banyak mencemari air.

pada penggunaan air tanah kandungan mangan dan besi perlu difiltrasi agar air menjadi bersih. Air tanah banyak digunakan di daerah dan kota besar di Indonesia, karena penggunaan air tanah sudah lama sekali terjadi bahkan menjadi satu kebiasaan, biasanya disebut air sumur. Jarak perumahan yang jauh dari sungai bersih, ketersediaan air bersih PAM yang belum merata di perumahan menyebabkan air tanah masih terus digunakan.

Media Karbon Aktif

Karbon Aktif atau Activated Carbon adalah material yang berbentuk butiran dari material yang mengandung karbon yang telah diaktifasi. Karbon Aktif dapat digunakan dalam berbagai aplikasi pengolahan air untuk menghilangkan bahan organik terlarut senyawa, seperti pada aplikasi pengolahan air minum, pengolahan air proses, pengolahan air limbah, dll. Karbon Aktif memiliki tingkat kekerasan tinggi dan tahan terhadap abarasi, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai media filter pada proses pengolahan air.

Media Pasir Silika

Pasir Silika atau Silica Sand berfungsi untuk menghilangkan kekeruhan, kandungan lumpur dan tanah yang terdapat pada air. Silica Sand mempunyai komposisi gabungan dari SiO2, Fe2O3, Al2O3, TiO2, CaO, MgO, dan K2O, berwarna putih bening atau warna lain bergantung pada senyawa pengotornya. Pada umumnya Pasir Silika digunakan pada tahap awal sebagai saringan dalam pengolahan air kotor menjadi air bersih. Di dalam tabung filter, Silica Sand disusun secara bertahap, mulai dari ukuran yang paling halus sampai dengan ukuran yang kasar. Pengaturan ini dibuat untuk memperkecil hambatan terhadap laju air agar tidak ada tekanan balik yang berarti ke pompa umpan penyaring dan tercapainya debit air.

Media Pasir Manganis ( Manganese Greensand )

Manganese Greensand adalah media filter berbentuk butiran hitam yang terbuat dari lapisan pasir silika dengan mangan dioksida. Lapisan mangan dioksida ini berfungsi sebagai katalis dalam oksidasi reaksi reduksi besi dan mangan. Manganese Greensand memiliki ukuran yang efektif yang sama, keseragaman pada kepadatan, berat, kapasitas, dan laju aliran. Manganese Greensand digunakan untuk menghilangkan zat besi, mangan, hidrogen sulfida pada air dan dapat digunakan pada kondisi air yang memiliki kadar silika rendah dan dapat mengurangi nilai TDS dan hardness pada air. Manganese Greensand ini juga dapat digunakan pada proses filterisasi baik vertikal maupun horizontal dan pada sistem filter gravitasi.

Media Resin

Resin adalah senyawa organik sintesis berbentuk manik kecil berwarna putih kekuningan yang mengandung ion positif atau negatif. Berdasarkan jenis ion/muatan yang dipertukarkan, resin dapat dibagi menjadi dua yaitu resin penukar kation (cation exchange resin) dan resin penukar ion (anion exchange resin). Resin penukar kation merupakan ion positif yang dipertukarkan, sedangkan resin penukar anion merupakan ion negatif yang dipertukarkan. Resin pertukaran Ion banyak digunakan dalam berbagai pemisahan proses, pemurnian, dan dekontaminasi, contoh yang paling umum adalah pelunakan air dan pemurnian air.

Media Pasir Ziolite

Media pasir ziolite berwarna agak kehijauan dan memberikan segar dalam air, menjaga ph atau keasaman air dan menambah mineral, mampu menyaring besi namun dalam jumlah tidak banyak. Sering digunakan dalam aquarium dan penjernihan air.

Media Pasir Gravel

Gravel merupakan media support dalam sistem filtrasi, yang tidak memerlukan peralatan mekanik dan koagulan sehingga gravel filter merupakan metoda pengolahan awal yang cocok karena murah.

Gravel filter terdiri atas lapisan media kerikil berukuran 3 – 64 mm dalam arah aliran air. Pemilihan gravel filter bergantung pada karakteristik air bakunya dan bergantung pada persyaratan operasi dan perawatan yang diinginkan. Fungsi utama gravel filter ialah menurunkan kekeruhan influen dan suspended solid sehingga memadai sebagai input bagi sistem filtrasi.

Media Pasir Antrachite
Anthracite adalah salah satu media yang memiliki kandungan karbon yang sangat tinggi yang dapat banyak digunakan untuk pengolahan air, berfungsi untuk meghilangkan kekeruhan dan kotoran. Anthracite ini memiliki ketahanan tinggi terhadap bahan kimia dan sangat mudah untuk dibersihkan.
Iklan
%d blogger menyukai ini: